Cara Setting Mikrotik Sederhana Khusus Pemula

Cara Setting Mikrotik Sederhana Khusus Pemula

Apakah ada yang merasa penasaran dengan sistem panduan setting mikrotik? Kalau penasaran, sesungguhnya sistem settingnya sangatlah gampang. Anda bahkan dapat memakainya seketika di rumah, kantor maupun sekolah. Cakupan dari setting mikrotik ini masih seperti itu simpel, mulai dari dns server, kemudian gateway server, dan juga dhcp server. Akan tapi apabila Anda belum sepenuhnya memahami berhubungan mikrotik, maka Anda akan mendapatkan sejumlah kesulitan dikala masuk ke dalam mikrotik hal yang demikian.

 

Untuk itu ada baiknya Anda membaca dan memahami tulisan mengenai mikrotik terpenting dulu. Untuk langkah yang pertama, koneksikan khususnya dulu port satu ke modem, kemudian untuk port 2 ke PC. Sesudah itu Anda dapat mengerjakan winboxnya dan membuka tab Neighbors. Apabila sudah terdeteksi winbox karenanya klik list rb yang sudah terdeteksi itu, kemudian lakukan konfigurasi default mikrotik dengan memakai uname admin serta kata kunci kosong. Jika telah maka Anda bisa mengklik tombok connect.

 

Bila Anda sudah berhasil masuk ke dalam gui mikrotik maka hal pertama yang sepatutnya dilaksanakan yaitu mengubah nama interfacenya terpenting dahulu. Ini tujuannya supaya tidak terjadi kesusahan dalam menjadi port pasangan yang ideal. Sesudah itu Anda bisa mengklik tombol bertulisan interface. Apabila sudah karenanya jendela baru malah akan timbul, yaitu list interface.

 

Untuk interface 1 Anda kasih nama terutama dulu, demikian itu juga dengan interface 2, Anda patut memberikan nama. Kemudian nantinya kedua eth 2 tersebut akan masuk dalam hub atau switch yang bermanfaat untuk menyebarkan jaringan terhadap client. Setting Mikrotik Squid Proxy panduan setting mikrotik yang selanjutnya, eth 3 ini bisa Anda gunakan untuk kebutuhan lain. Sekiranya telah karenanya Anda mesti menginput IP yang memang dikehendaki. Anda seharusnya menambahkan ip layak interface yang sudah diaplikasikan.

 

Selanjutnya Anda patut menjalankan setting DNS server, klik yang bertuliskan “Allow Remote Request”, pilih menu ip dan routes. Sekiranya sudah maka Anda akan masuk ke dalam setting NAT. Konfigurasi kali ini ada dalam menu ip-firewal-tab nat. sekiranya sudah karenanya klik menu “+”. Tahapan selanjutnya Anda patut klik menu ip-DHCP Server, dan klik tulisan DHCP Setup. Anda mesti mencontoh wizard yang sudah dikasih mikrotik, usulan ip yang sesuai dipakai pada range hal yang demikian. Itulah tutorial setting mikrotik yang betul-betul mendasar untuk Anda, semoga berguna.